stop dreaming start action

Headlines

25.1.09

Gerhana Matahari Disiarkan Langsung

JAKARTA, MINGGU - Jangan lewatkan peristiwa gerhana matahari cincin yang akan terjadi Senin (26/1) apalagi fase cincin hanya dapat dilihat dari Indonesia.

Namun, bagi Anda yang tidak sempat datang ke lokasi-lokasi pengamatan terbaik, tidak perlu ketinggalan untuk menyaksikannya karena tersedia layanan streaming di internet yang menyiarkan secara langsung momentum tersebut.


Observatorium Bosscha bekerja sama dengan sejumlah lembaga astronomi telah menyediakan situs khusus yang bisa diakses secara online. Ada delapan lokasi pengamatan yang direncanakan akan dihubungkan ke internet masing-masing di Kota Agung, Kampus Unila (Universitas Lampung), Lighthouse Pantai Anyer Banten, Carita Banten, SMA 89 Jakarta, UPI (Universitas Pendidikan Indonesia) Bandung, dan Observatirum Bosscha Bandung.

Lampung dan Serang merupakan daerah-saerah utama perlintasan sehingga dapat melihat fase gerhana Matahari cincin. Daerah lainnya termasuk Bandung dan Jakarta hanya melihat gerhana sebagian.

"Supaya apa yang diamati bisa dilihat publik, pengamatan-pengamatan itu dihubungkan melalui internet ke server Bosscha. Dari situ diharapkan bisa diakses publik," ujar Mochamad Irfan, juru bicara Observatorium Bosscha saat dihubungi Kompas.com. Selain upaya dokumentasi, layanan ini juga akan lebih memuaskan keingintahuan masyarakat mengenai peristiwa astronomi.

Apalagi terjadinya gerhana Matahari kali ini pada musim hujan. Terbentuknya mendung yang menghambat pengamatan kemungkinann ya besar. Dengan adanya pilihan pengamatan di banyak lokasi, peluang untuk tetap dapat melihat peristiwa tersebut tetap ada.

"Kalau salah satunya mendung, tempat lain siapa tahu tidak," ujar Irfan. Selain layanan streaming, situs tersebut juga mendokumentasikan peristiwa-peristiwa astronomi yang telah terjadi dalam bentuk foto maupun video. Layanan streaming gerhana Matahari cincin tersedia di sini : http://bosscha.itb.ac.id/index.php?option=com_content&task=view&id=67&Itemid=103)

Sumber : http://kompas.com

1 comments:

Anonymous said...

wah, kira" jam brapa tuh terjadinya..

pengen liat euy.. ^^

Post a Comment

 
Blog 1e | Alumni Polinema | Trik Tips | Free Download | Stop Dreaming Start Action

© Copyright by Blognya 1e | Template by Fanchon0706 | Blog Trick at EasyBlogTrick